Kamis, 16 Agustus 2012

Kenalilah Tempramen Anda

HIPOCRATES (460 - 370 SM) sering disebut sebagai Bapak dari ilmu pengobatan. Perhatian Hipocrates terhadap ciri-ciri tempramen menarik perhatian sebab problema penting ini agak diabaikan dalam dunia psikologi masa kini. Hipocrates membedakan adanya empat tempramen : Si Sanguin , si Melankolik, si Kolerik dan si Flegmatik.

ORANG SANGUIN

SELALU periang dan penuh pengharapan, menganggap segala sesuatu yang dihadapi sebagai amat penting, tapi segera dapat melupakannya sama sekali sesaat kemudian. Ia ingin menepati janji-janjinya tapi gagal melaksanakan keinginannya itu sebab ia tidak cukup berminat untuk menolong orang lain. ia adalah seorang penghutang yang jelek yang terus menerus minta waktu untuk membayar. Ia amat luwes , padai bergaul, periang.
bakat orang sanguin : aktor , pedagang, pembicara.

ORANG MELANKOLIK

Menganggap segala sesuatu amat penting. Di segala tempat mereka menemukan alasan untuk merasa khawatir dan yang pertama-tama mereka perhatikan dari suatu keadaan ialah kesulitan-kesulitannya. Ini dilakukannya tidak atas dasar pertimbangan ke-akhlakan melainkan karena pergaulan dengan orang lain membuat ia khawatir, berprasangka dan sibuk berpikir. Justru karena sebab inilah maka rasa bahagia menjauhinya.
bakat orang melankolik : produsen , pemborong, pemimpin .

ORANG KOLERIK

Berkepala panas, mudah sekali dibangkitkan gairahnya, tapi mudah pula jadi tenang jika lawan yang dihadapinya mengaku kalah. Ia orang yang sibuk tapi tidak menyukai berada di tengah-tengah kesibukan usaha sebab ia tidak tabah. Ia memilih untuk memberikan perintah-perintah tapi tidak mau diganggu dengan pelaksanaan dari perintah-perintah yang ia berikan. Ia menyukai jika dipuji didepan umum . Ia menyukai penampilan, kemegahan dan formalitas, ia penuh dengan kebanggan dan cinta diri sendiri. Ia kikirm sopan tetapi dengan upacara, ia sakit hati luar biasa jika orang lain menolak ikut dengan kepura-puraannya.
bakat orang kolerik : seniman , musikus, pencipta, ahli filsafat, maha guru.

ORANG FLEGMATIK

Tidak adanya gairah, bukan kelemahan, mengatakan secara tidak langsung kecondongan untuk tidak mudah dan tidak cepat kena pengaruh. Orang seperti ini lambat jadi hangat tapi jika sudah hangat dapat bertahan hangat lebih lama. Ia bertindak atas dasar keyakinan bukan dasar naluri. temperamennya yang cerah dapat menggantikan ketidak hadiran kecerdikan dan kebijakan didalam dirinya. Ia bertindak layak dalam bergaul dengan orang lain dan biasanya dapat maju karena kegigihannya dalam mencapai sasaran-sasaran yang dikehendakinya sementara ia bergaya seakan-akan memberi jalan pada orang lain.
bakat orang flegmatik : diplomat, akuntan, guru, ahli teknik .

Termasuk tempramen manakan anda?  :)

sumber : buku pintar seri senior , disusun oleh IWAN GAYO .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar