Jumat, 17 Agustus 2012

Sejarah Proklamasi \(^o^)/

Halo kawan semuaa sobat sobat ku !!! :D
hahaa . seneng nih ada inspirasi baru , jadi bisa update postingan ^o^

hari ini hari Proklamasi . apa sih hari Proklamasi itu ???

Hari Proklamasi merupakan hari dimana Ir Soekarno membacakan Naskah Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 atau 17 Agustus 2605 pada tahun Jepang yang di dampingi oleh Drs Moh Hatta di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 (yihaaa pelajaran IPS SD gue masih apal \(^o^)/ )

kenapa di hari ituu ???


Latar belakangnya merupakan saat kalahnya Jepang , yang sedang lengah setelah di Bom Atom oleh Amerika Serikat . Para Pemuda Indonesia bersi keras mengajak para petinggi Indonesia untuk segera memproklamasikan kemerdekaan agar segera terbebas dari ikatan penjajah . << sangar yo ! deg deg an pasti \(^o^)/ . awalnya , para petinggi Indonesia tidak mau , tapi dengan terpaksa , para Pemuda Indonesia menculik petinggi kita dan dibawa ke Rengasdengklok untuk membicarakan proklamasi kemerdekaan (pada tanggal 16 Agustus 1945 ) . dan akhirnya , Ir Soekarno yang saat itu bersama sang Istri tercinta , Ibu Fatmawati dan putranya Guntur , menyetujui hal ini . kemudian mereka menjemput Drs Moh Hatta dan kembali ke Jakarta . Mr Ahmad Soebarjo berhasil meyakinkan para Pemuda agar tidak terburu-buru untuk memproklamasikan kemerdekaan. Mengingat bahwa Hotel Des Indes tidak bisa digunakan setelah lewat pukul 10 malam untuk pertemuan , Laksamana Muda Maeda (tentara Jepang yang membela Indonesia) , menawarkan rumahnya untuk menyusun Proklamasi << so switt.. dan sekarang , rumah sang Laksamana dijadikan "Gedung Perumusan Teks Proklamasi" .

Setelah itu , Ir Soekarno , Drs Moh Hatta  , bersama Laksamana Maeda menemui Jendral Nishimura untuk meminta perizinan akan Pemroklamasian Kemerdekaan Indonesia. tetapi , Nishimura menolak karna ada perintah dari Tokyo agar tetap menjaga "status quo" . Ir Soekarno dan Bung Hatta tetap berusaha agar bisa segera memproklamasikan kemerdekaan. tapi apalah hasil , Laksamana Maeda yang saat itu menjabat sebagai Kaigun (perwira penghubung angaktan laut) tidak punya hak saat berada di daerah Angkatan Darat (Rikugun) .
Lalu mereka kembali ke rumah Laksamana Maeda (kini berada di Jalan Imam Bonjol 1) bersama Myoshi Guna untuk menyusun Teks Proklamasi . Teks Proklamasi pun disusun oleh Ir Soekarno , Drs Moh Hatta , dan Ahmad Soebardjo , yang disaksikan oleh Soekarni , B.M Diah , Mbah Sudiro , dan Sayuti Melik .
Setelah konsep selesai disepakati, Sajuti menyalin dan mengetik naskah tersebut menggunakan mesin ketik yang diambil dari kantor perwakilan AL Jerman, milik Mayor (Laut) Dr. Hermann Kandeler.
Pada awalnya , pembacaan Teks Proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada , tetapi berhubungan dengan keamanan , maka dipindahkan ke Jalan Peganggsaan Timur nomor 56 (yang sekarang menjadi Jalan Proklamasi no 1). Teks Proklamasi pun dibacakan pada pukul 10.00 WIB , dan Sang Saka Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati , pertama kali dikibarkan oleh Ilyas Karim , Soedanco Singgih , Latief Hendraningrat , S Suhud , S.K Trimurti . Lalu sejak 1946 berawal di Yogyakarta , Ir Soekarno memerintahkan agar tetap melestarikan upacara Proklamasi ini dengan perwakilan siswa-siswi teladan Indonesia yang menjadi pilihan sebagai pengibar bendera Pusaka Merah Putih .

nah kawan-kawan , janganlah kalian melupakan sejarah berharga ini :D

ini adalah sejarah yang mahal harganya , karna Jasa-jasa Para Pahlawan lah yang membuat kita bisa menikmati hidup di Indonesia seperti sekarang . karna itu , kita sebagai Kaum Penerus , bertugas untuk Menjaga , Melestarikan , dan Mengamalkan hal hal nasionalisme yang telah para Leluhur kita perjuangkan di masa masa sulit dulu :D
ayyoo kawan !! bangun Indonesia lebih maju ! semangat 45 ! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar