Kamis, 21 November 2013

Coban Jahe

Halo, ini tentang sebuah wahana wisata alam di daerah Tumpang , Pakis, Malang, Jawa Timur.
Wisata alam yang bernama "Coban Jahe" ini masih sangat baru. jadi fasilitas yang di temui ya masih terlihat asri dan asli sekali. jalan yang ditempuh untuk memasuki wilayah coban jahe tidak terlalu sulit dan pengaksesannya mudah, tetapi kualitas jalan juga tidak begitu istimewa karena ini berada di jalan perkampungan, jadi tidak semua jalan yang kita lewati untuk menuju coban jahe adalah jalan beraspal...

saat liburan tahun baru Islam tanggal 5 November kemaren, aku diajak mas dan mbakku untuk pergi berlibur ke coban jahe. sebelum berangkat, tidak sengaja aku, mbak dini, dan mbak anggi sama-sama memakai baju berwarna merah. sebenarnya ada mitos mitos bahwa kalau kita berlibur ke daerah wisata alam apapun bentuknya, kita dilarang untuk menggunakan pakaian berwarna hijau/merah. nah, sebelum berangkat kami juga membicarakan hal ini , tapi... gimana ya, bawa nya ya baju merah, dan gak kepikiran sama sekali waktu ada di rumah sebelum berangkat ke rumah mas yayan. jadi kami tetap pakai baju ini untuk ke coban. lagi pula "saat itu" kami masih tidak yakin mitos itu benar atau tidak. tapi namanya juga mitos, siapa yang tau.
inilah suasana sebelum berangkat.. sebelum terjadi sebuah kejadian.. kebetulan sekali ini aku memakai kaos merah, mbak dini(kanan puput) juga pakek merah dan mbak anggi(berkacamata kiri puput) juga pakek kaos merah.
 selama diperjalanan, kita akan dimanjakan dengan pemandangan pedesaan yang indah. sawah yang tertata , segar dan hijau menawan, ada kebo juga yang menambah kesan alami, pokoknya indah.. benar-benar merasa segarrrr....

begitu masuk di area wisata Coban Jahe, tempatnya masih banyak pohon-pohon, jalannya masih tanah, untung gak terlalu becek, tapi cukup ekstrim. waktu kami baru parkir, ternyata kedatangan kami kebarengan orang yang sedang melakukan foto prewedd. wkwkw. lucu.. lalu kami masuki area air terjun..

inilah suasana saat kami masuk di area coban.. masih sepi dan alami.
setelah kami sampai, karena mas yayan gak bisa renang dan mbak anggi sedang halangan, jadi yang renang aku sama mbak dini. .

ini suasana kami begitu kami sampai di pinggir kolam
galau ? akwokaowkaowk , aslinya aku pingin foto sendirian, tapi... mas yhayan ngambilnya kena mbak dini juga. jadi gini deh hasilnya.

awalnya aku ragu untuk masuk kedalam air. karna airnya sangat dingin , macem air kulkas -____- , ya biasa, aku mandi aja jarang, hehe, jadi kalo main air aku ya kayak kucing lah.. :p
tapi karena udah lama dan kepingin banget berenang.. akhirnya aku paksa. dan ternyata setelah masuk di air, airnya gak begitu dingin dan... segar sekali...

ini aku di dalem air wkwk. karna alami, jadi airnya gak sebiru air kolam renang.. hehe, agak burem karna gak begitu kelihatan. jadinya gini banget.
yaaa gini... berasa kolamnya punya sendiri.. hehehe.
deres banget.. hehe. ini bukan tenggelam.. tapi berenang :p
naah... di foto ini jangan fokus ke aku wkwkwk , tapi lihat tebingnya
dari awal aku dateng , aku udah lihatin tebing itu terus terus dan terus... kalau dilihat secara aslinya lebih keren, lebih cantik . karna itu aku pingin foto foto disana. setelah berenang kesana kemari, memang gak sepuas berenang di kolam renang karena air kolam ini agak berombak akibat tekanan dari air terjunnya. jadi renang kalau ngelawan arus ya berasa gak gerak hehe. lagian aku juga gak begitu mahir berenang, jadi dikit-dikit cari oksigen, jadi harus tetap didaerah yang masih bisa dijangkau kakiku supaya aku tenang. setelah foto di dekat air terjun..
naahh, setelah kami foto di situ, kami ingin foto di tebing yang aku bilang sebelumnya..

"ayo put foto di batu batu situ"
"ayok"

awalnya aku berenang sambil bawa hp, iya bawa hp hehe. hp nya kan tahan air, jadi jangan khawatir teman :p. tapi sebelum aku menuju ke pinggir tebing, hp udah aku kasih ke mbak dini . untung di awal sudah tak kasih ke mbak dini , atau hpnya gak muncul lagi..

jadi sebenarnya ini kejadian.. harusnya gak separah ini sih, tapi ... sebelumnya aku udah kasih tau kan, kalau aku gak begitu mahir berenang. karena itu kejadian yang gak diharapkan ini terjadi. begitu aku berenang menuju tebing, begitu sampek karna dingin aku mau ambil nafas. saat aku mencoba menginjakkan kakiku ke tanah, ternyata daerah tepian itu dalam. aku bingung. aku mencoba bergerak terus bergerak mengayuh kakiku dan mencoba menggapai batu tebing, tapi karena aku gak pakek celana renang, aku pakek celana leging hitamku dan itu menjadi berat saat kena air, jadi berenangku pun terhambat, dan saat aku menggapai batu, batunya licin. aku kehabisan nafas, aku minum air karna aku gak bisa mencapai permukaan. saat kepalaku bisa keluar dari air, aku teriak sebisaku .
"mbaaaaaaaaaaak... tolonng !!!!!!!!" dikira aku bercandaaa... ediaaan!!!!
kakiku semakin berat. aku semakin kedinginan. karna celana ini berat, rasanya dari bawah aku ditarik. gak lama mbak dini berenang ke arahku . awalnya aku kira dapat membantu. tapi ternyata,,, mbak dini gak kuat. mbak dini malah ikut tenggelam. aku ketarik dan semakin dalam. mbak dini teriak minta tolong. aku lihat mas yayan sudah buka jaket siap mau terjun, tapi apa daya... masku gak bisa renang -___-
sebelumnya ada segerombolan mas mas juga lagi renang. tapi waktu kejadian ini, mereka hilang -__- ternyata mereka ada dibawah. frustasi lah aku bingung. mbak dini coba ngebawa aku kepinggir, sebelumnya dia belum sadar kalau di pinggir itu dalam. hape yang dibawa mbak dini langsung ditarus di batu di tebing. aku tetep berusaha supaya aku gak tenggelam. gak tau udah berapa teguk air yang tak minum. saat aku berusaha ke tengah karna dasarnya masih bisa aku gapai pake kakiku. waktu itu aku berenang gaya backstroke. begitu kakiku menatap batu tebing, aku tendang kencang-kencang sampe aku terpental... tapi tapi tapi... mbak dini malah narik aku ke tebing tadi.. sebenernya kalo gak ditarik lagi aku udah nggapai tanah dan udah gak tenggelam, tapi karna ditarik lagi.. aku udah gak kuat.. rasanya semakin ada yang narik kedalam..... tapii... alhamdulillah... aku masih selamat.
ada mas mas baik hati yang rela kehilangan surat suratnya, aku gak tau surat apa, yang jelas itu penting. mas itu namanya siapa aku lupa tapi udah nanya. rumahnya di tumpang.. orangnya sudah bapak-bapak se tapi bapak bapak baru. dan yang sangar lagi, mas itu baru dateng dan langsung masuk ke air buat nyelamtin aku. kalo masih seumuran paling wes cinlok kyk di ftv2 wkwkwk. gak penting. intinya orangnya udah nyelametin aku .... dan gini yaa rasanya digotong.. gini ya rasanya tenggelam.. gini ya rasanya butuh orang lain.. gini ya rasanya dan gitu rasanya... dan rasanya... cukup sekali aja... aku takut. aku nangis kenceng... aku panggil ibuuuuu ibuuuuuuuu dan ibuuuuuuuuu... setelah itu mbak dini peluk puput. dia ngerasa bersalah gak bisa nyelametin puput. mas yayan dan mbak anggi juga khawatir. dikiranya aku kerasukan wkwkwk. gak laaah... aku kan malaikat. mana berani jin masukin aku :p .. kontraasss kontraassss.. :p
dan setelah kejadian itu... aku agak takut buat renang di alam gini. kalau kolam renang gak tau lagi.. dan sampai sekarang.. aku belum berani dan belum kepikiran buat mau renang lagi.. bener-bener gak kayak sebelumnya, sebelumnya aku gak tahan pingin renang. sekarang, gak ada mood buat renang.
gak lama setelah ngeringin badan, namanya juga aku masih terpukul dan gak nyangka, aku lihatin terus kolam dimana aku tenggelam tadi sambil ketawa nyengir... lucu banget bisa tenggelam -____-.
setelah itu kami pamit ke orang yang tadi nyelametin puput... dan rekannya mas tadi , seorang bapak-bapak bilang ke kami gini "lain kali kalau kesini jangan pakek baju merah, pamali" ... mungkin mitos tadi bisa jadi benar, atau mungkin ini hanya sebuah peringatan... peringatan apa, jangan aneh-aneh.
karna... sebelumnya udah dikasih enak ada di tengah.. ngapain minta ke pinggir :). setelah kejadian ini, puput takut cerita ke ibu.. alhasil beberapa hari setelah kejadian aku terus kepikiran dan mimpi gak enak... udah aku cerita ke 2 temen aku .. satu agak mistis dan temen aku satunya biasa. temenku yg agak mistis itu cuma bilang "kapok wes" gitu aja... yaudah. aku nganggep ini tenggelam biasa. tapi tetep aja.. kepikiran dan parno akan hal gini gini jadi bertambah parah. mau percaya apa gak, mitos itu emang berpengaruh sama mental. jadi kuat kuatin iman aja. tetep pegang sama ilmu agama. jangan sampe terjerumus kesesatan. kejadian ini adalah kekuasaan Allah yang pingin aku jadi belajar.. bisa jadi aku terlalu sombong karna sesuatu hehe, jadi diingatkan kayak gini.. hmmm... jadi sekali aja deh tenggelamnya. besok-besok gak boleh lagi hehhe amin.

oke sekian cerita puput. makasih udah menyimak.. wassalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatu..

2 komentar:

  1. aku pernah ke coban apa gitu pake baju merah put. untung gpp wkwk
    ternyata gitu ya rasanya ? hehe

    BalasHapus