Sabtu, 12 Juli 2014

Setelah lulus

Hai, hari ini aku mau berbagi cerita tentang rasa penasaranku sama keadaan di sekeliling ku.
Aku berfikir dan bertanya-tanya, ya , aku emang kepo banget tapi aku bukan pemilik akun "kepo yg tersakiti lho gaes" . kepo ini bertanya-tanya tentang kenapa keadaan ini begini kenapa begitu kenapa ini gak boleh kenapa itu boleh kenapa kenapa kenapa (bukan iklan biskuit kuat lho). yang pertama...

1. Kenapa orang lebih memilih bekerja ketimbang kuliah
Semua orang ingin hidupnya enak. siapa sih yang ngerasa seneng hidup susah kecuali orang gila ? orang gila aja gak suka susah, makanya dia gila. gak ada orang di dunia ini yang mau hidup susah. Bekerja memang bukan pilihan utama orang melanjutkan setelah lulus jenjang SMA/SMK/sederajat. tapi siapa tau, dengan hal ini mereka lebih baik ketimbang jadi pengangguran. melakukan hal yang berguna dan membuat bangga orang lain. setidaknya lebih berguna dari pengangguran. Jadi pilihannya adalah bekerja. karna itu ada sederet siswa yang setelah lulus jenjang SMP berkeinginan melanjutkan ke jenjang SMK, karna dengan itu lebih mudah untuk bekerja. bukan berarti setelah lulus SMA tidak bisa bekerja, tentu bisa. tapi itu lumayan sulit. jika bisapun, sangat terbatas untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan gaji yang memadai. tapi banyak sekali orang yg memandang sebelah siswa lulusan SMA sederajat yang langsung bekerja. entahlah, itu yang membuat aku galau juga.

2. Kuliah yang bukan jurusan dan akhirnya...
Kata orang kuliah bisa mengambil yang bukan sejurusannya dengan jenjangnya di Sekolah Menengah Atas. iya itu benar ! tapi untuk orang orang yang punya kantong lebih. jika anda melalui jalur tes, maka anda harus berfikir dua kali. karna kuliah sekarang di Indonesia sangat susah. susah sekali. karna itu anda jika ingin kuliah pikirkan matang2 dari saat anda SMP. karna saat anda lulus dari SMP mau melanjutkan kemana? jika ingin bekerja, anda bisa mengambil SMK, jika ingin kuliah, lebih baik mengambil SMA. karna sistem . dan berita tentang mengambil jurusan yang bukan sejurusan adalah HOAX . jadi jangan mencoba atau anda akan menangis.

3. Banyaknya Instansi pendidikan swasta yang menawarkan pendidikan lanjut.
Banyak sekali tawaran/iklan di pinggiran jalan dan brosur2 di sebarkan tentang pendidikan tinggi lanjut di mana-mana. mulai dari harga yang murah sampai yang mahal. sempat saya berfikir, adakah orang yang mengisi dan mendaftar di perguruan itu ? ternyata ada. kok mau ? ya... karna memang disana mereka bisa diterima. kan masih ada universitas yang lebih jelas? hmm, sekarang penduduk Indonesia sangat banyak dan yaa, fasilitas pendidikan kurang memadai. karna itu perguruan swasta-pun juga ada yang mendaftar berapa pun harganya . memang orang lain akan memandang sebelah, tapi coba mereka yang merasakan... pasti menangis.

4. Persaingan di Indonesia tidaklah sehat dan jujur.
Meskipun banyak Instansi yang mengatakan "jujur" itu adalah 30% dari yang berjalan. sungguh tragis, Instansi pendidikan di Indonesia mengutamakan politik uang. dimana-mana di Indonesia adalah "mahal" ya, karna kesalahan masa lalu dan keegoisan dari masyarakat yang mempolitikkan uang itu. jika anda ingin melakukan sesuatu yang seperti itu, hendaklah anda mengingat bahwa Tuhan itu Maha Tahu. ingatlah dosa. dan ingatlah orang-orang yang anda sayangi. jika uang itu haram, maka hidup anda mungkin makmur, tapi pasti ada saja yang membuatnya mendustai anda. jika anda jujur dalam segala hal, maka insyaallah hidup anda akan tentram. dan saya berfikir keras, kenapa masih ada saja korupsi... banyak sekali. mulai dari yg terkecil, yaitu saat ibu menyuruh kita belanja dan sisa uang kita ambil. jika tidak bilang itu namanya korupsi, jika bilang namanya pesangon. ini beda, karna jika ibu tidak tau maka kita tidak dapat ijin, jika ibu tau, maka kita dapet ijin. dan ini akan menjadi kebiasaan yang akan membesar dan besar. maka jangalah lupa meminta ijin untuk sesuatu yang bukan hak anda, karna hak orang lain juga dipertaruhkan . dalam hal apapun.

hmmmmm. sekian cerita saya. hwahahaha, kok jadi sekian formal ya. haduh -_- ini agak politik memang, kritikkan sedikit tentang sulitnya pendidikan dan jalannya hidup ini. maka kita harus banyak banyak bersyukur dan bersedekah agar Allah selalu membawa berkah untuk kehidupan kita di masa mendatang.
terimakasih gaes yang susah membaca artikel ini. huhuh. saya sedang galau mau melanjutkan kemana. ambil ini salah itu salah. semoga ada jalan yang lurus yang dapat ridho org tua dan saya mampu menjalani hal tersebut. amin amin amin Ya Allah... sekian. wassalamualaikum wr.wb